" /> " /> " /> " /> " /> " /> " /> " /> " /> " />

Tuesday, December 26, 2017

Citra Satelit

Citra Satelit merupakan suatu gambaran permukaan bumi dalam bentuk image (gambar) secara digital yang memiliki ketajaman yang tinggi, hasil perekaman oleh sensor (kamera) pada satelit pengideraan jauh yang mengorbit bumi.

Pemetaan menggunakan satelit penginderaan jauh saat ini menjadi pilihan yang menarik. Hal ini tidak lain karena citra satelit sudah semakin mudah untuk diperoleh. Apabila dibandingkan dengan metode fotogrametri maka pemetaan dengan citra satelit akan mereduksi banyak sekali kegiatan, namun memberikan hasil yang tidak berbeda jauh. Terlebih dengan citra satelit beresolusi tinggi, hasil yang diberikan hampir mendekati foto udara. Saat ini telah dipasarkan citra satelit beresolusi tinggi seperti IKONOS (4 m dan 1 m), Quickbird (2.44 m dan 0,61 m) dan World View (0.46 m).


Sampai saat ini terutama di negara-negara maju, pemanfaatan citra satelit sudah sedemikian luasnya dijadikan sebagai sumber dasar dalam proses analisa dan kajian di berbagai bidang diantaranya pada perencanaan wilayah dan perkotaan, lingkungan, sumber daya alam, kependudukan hingga bidang pertanahan (militer). Di Indonesia pemanfaatan citra satelit juga telah banyak dilakukan dalam menunjang pengelolaan daerah di berbagai bidang yang nantinya diharapkan dapat berhasil guna untuk kemajuan pembangunan daerah yang terus berkembang.

Perkembangan suatu wilayah akan semakin menuntut kesiapan daerah dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan seiring dengan laju dan dinamika perubahannya, berbagai kebijakan dan peraturan serta kualitas pelayanan harus semakin lebih direncanakan dengan matang, agar perkembangan yang dilakukan menjadi lebih terarah, efektif dan efisien serta menjangkau tujuan dan sasarannya demi kesejahteraan masyarakat.
 
Di wilayah-wilayah Kecamatan / Kabupaten / Provinsi yang tersebar di Indonesia, sampai saat ini terus mengembangkan dan merencanakan wilayah sesuai dengan kondisi potensinya yang ada, namun hal ini memerlukan kesiapan daerah dalam mengantisipasi tantangan-tantangan dari perkembangan pembangunan tersebut, baik saat ini maupun di masa yang akan datang, oleh karena itu maka eksistensi pembangunan di daerah sangat ditentukan oleh kemampuan para pengelola daerah dalam mengatasi tantangan tersebut dan memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien.
 
Kunci dalam upaya mengatasi hal itu adalah terletak pada kecepatan dan ketepatan para pengelola daerah dalam menangkap informasi, melakuan analisis dan membuat perencanaan pembangunan yang matang. Salah satu sarana atau media untuk mendukung itu semua adalah tersedianya data dasar kecamatan / kabupaten / provinsi yang lengkap, akurat dan mutakhir.

Data citra satelit dapat digunakan sebagai data dasar dalam pembuatan peta dasar skala besar pada daerah pusat-pusat pertumbuhan di wilayah yang termasuk ke dalam fungsi wilayah pada kecamatan / kabupaten / provinsi. Hal ini mengingat teknologi pemetaan sudah memiliki trend ke arah real visual image source yang berbasis struktur data raster (foto udara dan citra satelit) dengan cakupan yang sangat luas dalam waktu yang relatif singkat.


Saat ini peta dasar ber-skala besar dapat dihasilkan melalui teknologi penginderaan jarak jauh (remote sensing), dengan teknik pengolahan citra satelit resolusi tinggi. Dengan menggunakan teknik ini dalam waktu yang singkat dapat tergambarkan daerah yang luas walaupun menggunakan sumber daya yang seminimal mungkin. Selain itu akan dihasilkan peta garis dan peta foto terkini yang berkualitas tinggi, dimana kenampakan atau visualisasinya seperti sebuah foto dengan warna objek yang alami dan memperlihatkan kondisi apa adanya. Dengan demikian para pengguna akan dapat secara cepat memahami kondisi lapangan yang terpetakan karena sudah familiar akan lokasi yang sesungguhnya.

Citra Satelit QuickBird, Worldview dan GEOeye memiliki resolusi spasial yang sangat tinggi sehingga mampu mendeteksi karakteristik suatu objek di permukaan bumi dan menghasilkan informasi sangat detail, sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai sarana untuk menggali potensi wilayah di permukaan bumi dan juga memberikan kemudahan dalam menginterpretasikan citra secara langsung dan analisis spasial objek untuk keperluan inventarisasi sumber daya alam dan lingkungan yang ada.
Share:

INDERAJA IMAGE

Menyediakan Data Citra Satelit WorldView-4, WorldView-3, WorldView-2, WorldView-1, GeoEye, QuickBird, Pleiades, SPOT, Dll., yang dapat dimanfaatkan dalam aktifitas pekerjaan Bidang Spasial, Penginderaan Jarak Jauh, Pemetaan, Sistem Informasi Geografis (SIG), RTRW, RTRK, RDTRK, Inventarisasi Sumber Daya Alam, Lingkungan, Kependudukan, Pertanahan, Pertanian, Pertambangan, Kehutanan, Transportasi, Perencanaan Wilayah & Kota atau yang berkaitan dengan Data Citra Satelit

HUBUNGI KAMI

ORDER & INFO LEBIH LANJUT :

HP. 08128835019 (Telpon, SMS, WA)

inderaja.image@gmail.com

Pin BB : 5D6D77B2

VENDOR

VENDOR

Popular Posts

Blogger templates